arranged by isac lestarto rahadi
economic management student
DAFTAR ISI
I.
PENDAHULUAN
II.
DEFINISI
DAN KEDUDUKAN HARGA
III.
TUJUAN
DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA
IV.
PENUTUP
PENDAHULUAN
Substansi sebuah perusahaan didirikan oleh
pemiliknya adalah untuk memberikan kemakmuran. Kemakmuran tersebut dicapai melalui apa yang biasa
disebut keuntungan. Keuntungan merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan
sebuah perusahaan. Semakin tinggi
kemampuan perusahaan menghasilkan keuntungan semakin tinggi pula nilai
perusahaan tersebut.
keuntungan / profit tersebut didapatkan
setelah ada produk dapat terjual dalam jumlah tertentu dan harga tertentu
dikurangi dengan pengeluaran perusahaan. Dalam memperoleh tingkat memperoleh profit, perusahaan memiliki pilihan
meningkatkan margin keuntungan atau meningkatkan jumlah unit produk yang
terjual. Kedua pilihan ini saling berkaitan dengan penetapan harga yang
dilakukan oleh perusahaan.
Ketika perusahaan ingin
meningkatkan kuantitas dari unit produk berkaitan dengan strategi harga yang
kompetitif atau harga penetrasi, dengan margin yang rendah namun akan mendapat
lebih banyak ketika unit produk yang terjual banyak pula. Sedangkan jika
perusahaan ingin mendapatkan tingkat margin yang lebih tinggi per unit produk,
strategi harga yang digunakan adalah premium
pricing. Dengan mempertimbangkan kualitas atas produk yang akan dijual
lebih unggul dari pesaing.
Dari sisi konsumen, mereka selalu
ingin mendapatkan produk atau jasa dengan harga yang murah. Namun di sisi lain produsen selalu
ingin mendapatkan harga setinggi – tingginya untuk memperoleh laba agar dapat
mempertahankan aktifitas usahanya.
DEFINISI DAN KEDUDUKAN HARGA
Terdapat dua pandangan mengenai pengertian harga,
yakni dalam pengertian luas dan sempit. Pengertian harga dalam arti sempit
adalah sejumlah uang yang dibebankan kepada konsumen atas suatu produk dan
jasa, sedangkan dalam arti luas, harga merupakan jumlah dari seluruh nilai yang
ditukar konsumen atas manfaat memiliki atau menggunakan produk atau jasa
tersebut (Kotler & Armstrong, 1999: 439). Seorang mahasiswa membayar uang
kuliah, uang kuliah adalah harga atas
manfaat dari jasa pendidikan yang diselenggarakan, seorang manajer mendapat
gaji, gaji tersebut merupakan harga yang harus dibayarkan atas kontribusi
manajer tersebut, premi asuransi adalah harga atas jasa penyelenggaran asuransi, pajak
merupakan harga atas hak untuk mencari dan mendapatkan uang di suatu wilayah.
Harga merupakan salah satu variable yang memiliki
kontibusi terhadap pendapatan dan tingkat laba perusahaan. Penetapan harga
merupakan hal yang mendasar dalam mendukung kegiatan pemasaran yang dilakukan
oleh perusahaan. Ada empat alasan mengapa harga menjadi dasar. Pertama, setiap
produk atau jasa harus memiliki harga. Kedua, keputusan mengenai harga lebih
cepat dilaksanakan ketimbang program yang lainnya. Ketiga, keputusan mengenai
harga memiliki dampak terhadap margin kontribusi, sehingga manajer dapat
memperkirakan kemampulabaan dari penggunaan uang untuk kegiatan perusahaan.
Keempat, keputusan harga memiliki implikasi penting terhadap berbagai kegiatan
yang berkaitan dengan pemasaran (guiltinan, 1990: 218).
Melihat beberapa argument mengenai kedudukan harga suatu produk. Dapat
disimpulkan bahwa kedudukan harga menjadi faktor penting sebuah produk agar
terjual dipasar.
TUJUAN DAN
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA
Didalam teori ekonomi, yakni grafik pemintaan
dan penawaran selalu mempertemukan dua
garis yang disebut titik equilibrium. Dimana dalam titik tersebut merupakan
harga ideal bagi produsen dan konsumen.
Penurunan dan kenaikan harga memiliki pengaruh terhadap permintaan. Oleh
karena itu dalam penetapan harga diperlukan perencanaan.
Dalam menetapkan harga perusahaan perlu mempertimbangkan beberapa faktor internal dan
eksternal perusahaan
Berikut ini adalah penetapan harga yang berdasarkan dengan tujuan
pemasaran:
1.
Meningkatkan tingkat penjualan produk
2.
Mempertahankan pelanggan lama dan yang
menguntungkan
3.
Menarik pelanggan baru dengan harga dan kualitas
4.
Unggul pada sebagian besar pasar
5.
Unggul atas kualitas produk
Selain itu
beberapa aspek internal dan eksternal menjadi bahan pertimbangan. Yang menjadi
pertimbangan dari sisi internal perusahaan adalah:
a.
Strategi
marketing mix
Harga
dipengaruhi oleh komponen marketing mix yakni produk, distribusi dan promosi.
Ketika produk memiliki kualitas yang lebih unggul dari pesaing. Perusahaan
perlu menetapkan harga tertentu untuk dapat menutupi biaya – biaya yang
berkaitan dengan riset produk, promosi serta tingkatan jalur distribusi yang
ditetapkan.
b.
Biaya
Dalam
menentukan harga, manajer perlu mengetahui bagaimana perilaku biaya pada saat
memproduksi suatu produk. Pada umumnya biaya produksi suatu produk produk akan
mengalami penurunan pada jumlah tertentu. Hal inilah yang perlu diperhatikan
dengan seksama.
Aspek eksternal merupakan aspek yang hanya bisa
diamati namun, perusahaan tidak mampu untuk mengontrol asperk tersebut. Ini
merupakan tantangan sekaligus ancaman perusahaan bila tidak memiliki keunggulan
kompetitif. Berikut ini adalah faktor – faktor eksternal:
a.
Sifat pasar
Penetapan
harga sangat dipengaruhi oleh jenis dan karakter pasar yang disasar perusahaan.
Penetapan harga dapat didasarkan atas biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi
atau harga didasarkan atas harga pasar.
Dalam
pasar yang termasuk persaingan sempurna, tidak ada yang memiliki pengaruh kuat
pada harga sebab produk yang diperdagangkan pada umumnya komoditas (contoh:
sembako, bahan tambang, sekuritas keuangan). Patokan harga yang tinggi akan
mempengaruhi tingkat permintaan atas produk.
b.
Biaya, Harga,
dan Penawaran Pesaing
Dalam
menetapkan harga, perusahan melihat harga barang atau jasa yang ditawarkan oleh
pesaing dipasar, kemudian mengevaluasi biaya – biaya yang terkait dengan produk
dengan mempertimbangkan fitur – fitur yang ditawarkan oleh pesaing.
c.
Faktor
lingkungan lainnya
Yang
berkaitan dengan faktor lingkungan ini adalah keadaan ekonomi, bagaimana
menetapkan harga ketika terjadi keadaan resesi, inflasi. Keadaan tersebut
mempengaruhi biaya dan tingkat permintaan. Kemudian yang harus diperhatikan dalam
hal ini adalah mitra penjualan, bagaimana reaksi mereka pada tingkat harga
tertentu, ketika mitra penjualan perusahaan kecewa terhadap keputusan harga
yang diambil maka akan berdampak pada berpindahnya mereka ke pesaing
perusahaan. Kebijakan yang diambil
pemerintah juga mepengaruhi langkah penetapan harga
PENUTUP
Perusahan jika ingin bertahan hidup dan berkembang
hendaknya benar – benar memperhatikan komponen harga yang ditetapkannya. Banyak
kesalahan yang dilakukan oleh para manajer dalam hal yang berkaitan penetapan
harga. Umumnya kesalahannya adalah mereka hanya mempertimbangkan dinamika
lingkungan eksternal perusahaan. Idealnya informasi mengenai kondisi internal
dan eksternal dapat diakses oleh para manajer, sebagai dasar pengambilan keputusan
penetapan harga
DAFTAR PUSTAKA
Guiltinan, Joseph Dan Gordon Raul. 1990. Strategi
Dan Program: Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga
Kotler,
Philip. 1987. Manajemen Pemasaran: Analisa, Perencanaan dan Pengendalian Jilid 2.
Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga
Kotler,
Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip – Prinsip Pemasaran Jilid 1. Edisi
Kedelapan. Jakarta: Erlangga
1 komentar:
good post
Visit Us
Posting Komentar