· Latar Belakang Perusahaan
Eprom sendiri merupakan perusahaan yang spesialisasinya adalah dalam bidang sablon. Untuk pekerjaan yang mengharuskan dikerjakan dengan mesin offset, pekerjaan tersebut diberikan kepada mitra pendukung dari eprom.
Tingkat permintaan akan kebutuhan cetak saat ini terbilang baik, dapat dilihat dari banyaknya usaha – usaha cetak yang tumbuh, dan eprom sendiri sedang mencoba berusaha untuk meriah pansa pasar dunia cetak. Dunia percetakan pada umumnya memiliki dua potensi pasar yakni pasar bisnis dan pasar end-user.
Peralatan yang saat ini mendukung proses cetak sablon masih terbilang sederhana yakni screen dan rakel, sedangkan peralatan pendukung pra-cetak meliputi komputer pentium 4, printer serta scanner yang merupakan peralatan dasar untuk memproduksi klise sablon. Jasa yang dihasilkan sendiri oleh eprom meliputi jasa sablon plastik, kertas. Sedangkan jasa yang dihasilkan bersama mitra kerja meliputi spanduk outdoor, banner indoor, jasa cetak undangan full color dasn sebagainya.
Untuk saat ini percetakan eprom masih terkendala persoalan tenaga kerja. Saat ini masih tersedia 1 orang tenaga kerja yang bekerja sebagai sales, operator produksi, keuangan. Selain itu salah satu problem klasik yang dihadapi adalah kontinuitas dari pemesanan yang masih belum terpenuhi.
· Visi
Menjadi percetakan yang friendly service dan tepat
· Misi
1. Memberikan layanan yang fleksibel dengan kebutuhan pelanggan
2. Memberikan solusi yang tepat untuk kebutuhan pelanggan
3. Melayani dengan kualitas cetak yang terbaik meliputi kepresisian, kebersihan
4. Pelayanan dengan waktu yang efisien
· Tujuan
Menjadikan Eprom sebagai percetakan sablon denagn jasa sablon dan cetak yang cepat dan layanan konsultasi yang ramah serta solutif
· SWOT analisis
Strength
Weakness
Threat
Opportunity
·
Matrik SWOT
Strategi tingkat korporat :
Asumsi – asumsi
1. Posisi perusahaan dalam kuadarn WO
2. Target penjualan sebesar 8 juta perbulan
Penerapan Matrik
1. Integrasi Horisontal
- Menjalin kerjasama dengan mitra kerja baik itu digital printing dan offset luar untuk menambah jumlah jasa percetakan yang yang tertangani
2. Pengembangan pelayanan jasa
- Menambahkan layanan ambil order dan kirim produk.
Kebijakan Organisasi :
- Pemanfaatan sumber daya eksternal untuk menekan biaya perusahaan
Program Kerja Organisasi (strategi tingkat unit bisnis) :
Dalam rangka menghadapi persaingan didalam pasar, perusahaan memiliki 3 komponen keunggukan kompetitif dalam menghadapi persaingan usaha, yakni
1. Keunggulan biaya :
indikator à Biaya Variabel
Biaya Pemasaran
Biaya Operasional
2. Keunggulan diferensiasi
Indikator à Produk Diferensiasi
Kualitas Layanan
Brand Reputation
3. Keunggulan pemasaran
4. Indikator à Distribusi
Usaha Penjualan
Brand Awarness
Program Kerja | Keunggulan Biaya | Keunggulan Diferensiasi | Keunggulan pemasaran |
Menjalin kerjasama dengan pihak ketiga | Biaya Variabel : Proses produksi secara keseluruhan dan tanggung jawab nya oleh pihak ketiga (meliputi bahan baku proses produksi sampai dengan finising) | Produk diferensiasi mitra dengan dengan kualitas cetak yang presisi | Distribusi Memanfaatkan relasi dalam bidang advertising Pemanfaatan sosial media dengan mengisi testimoni |
| Biaya Pemasaran Memanfaatkan diskon kuantiti yang disyaratkan oleh pihak ketiga | Kualitas layanan Pelayanan ambil dan antar barang | Usaha penjualan Penjualan end user dan bisnis user |
| Biaya Operasional Memanfaatkan layanan pengambilan order dan pengiriman barang jadi dari pihak ketiga | Brand reputation Mesin cetak oliver buatan jerman 4 warna sekali proses jalan Mesin digital printing high resolution | Brand awarness Kecepatan dan kualitas cetak yang baik menggunakan mesin cetak high speed dan high resolution |
Evaluasi dan pengawasan Strategi
Strategi | Tujuan Strategis | Program kerja | Standar keberhasilan | Faktor Pendorong |
Integrasi Horisontal | Perolehan laba bersih sebesar 5 Juta perbulan | Kerjasama dengan pihak ketiga untuk penyedian produksi | Jumlah Mitra yang digandeng | Konsistensi Mitra kerja dengan perusahaan dalam menjalin hubungan jangka panjang |
Kualitas Kerja dari Mitra |
1 komentar:
terimakasih telah berbagi artikel beisi ilmu yang bermanfaat...
Aplikasi Kasir Android Free
Posting Komentar