Kamis, 03 Mei 2012

tugas ANALISA SWOT manajemen strategik


·         Latar Belakang Perusahaan

Eprom sendiri merupakan perusahaan yang spesialisasinya adalah dalam bidang sablon. Untuk pekerjaan yang mengharuskan dikerjakan dengan mesin offset, pekerjaan tersebut diberikan kepada mitra pendukung dari eprom.

Tingkat permintaan akan kebutuhan cetak saat ini terbilang  baik, dapat dilihat dari banyaknya usaha – usaha cetak yang tumbuh, dan eprom sendiri sedang mencoba berusaha untuk meriah pansa pasar dunia cetak. Dunia percetakan pada umumnya memiliki dua potensi pasar yakni pasar bisnis dan pasar end-user.

 Peralatan yang saat ini mendukung proses cetak sablon masih terbilang sederhana yakni screen dan rakel, sedangkan peralatan pendukung pra-cetak  meliputi komputer pentium 4, printer serta scanner yang merupakan peralatan dasar untuk memproduksi  klise sablon. Jasa yang dihasilkan sendiri oleh eprom meliputi jasa sablon plastik, kertas. Sedangkan jasa yang dihasilkan bersama mitra kerja meliputi spanduk outdoor, banner indoor, jasa cetak undangan full color dasn sebagainya.

Untuk saat ini percetakan eprom masih terkendala persoalan tenaga kerja. Saat ini masih tersedia 1 orang tenaga kerja yang bekerja sebagai sales, operator produksi, keuangan. Selain itu salah satu problem klasik yang dihadapi adalah kontinuitas dari pemesanan yang masih belum terpenuhi.
·         Visi
Menjadi percetakan yang friendly service dan tepat
·         Misi
1.       Memberikan layanan yang fleksibel dengan kebutuhan pelanggan
2.       Memberikan solusi yang tepat untuk kebutuhan pelanggan
3.       Melayani dengan kualitas cetak yang terbaik meliputi kepresisian, kebersihan
4.       Pelayanan dengan waktu yang efisien


·         Tujuan
Menjadikan Eprom sebagai percetakan sablon denagn jasa sablon dan cetak yang cepat dan  layanan konsultasi yang ramah serta solutif
·         SWOT analisis

Strength









Weakness









Threat









Opportunity 

·       





 



 Diagram Mapping Strategy

 


Matrik SWOT






















Strategi tingkat korporat :
Asumsi – asumsi
1.       Posisi perusahaan dalam kuadarn WO
2.       Target penjualan sebesar 8 juta perbulan
Penerapan Matrik
1.       Integrasi Horisontal
-          Menjalin kerjasama dengan mitra kerja baik itu digital printing dan offset luar untuk menambah jumlah jasa percetakan yang yang tertangani
2.       Pengembangan pelayanan jasa
-          Menambahkan layanan ambil order dan kirim produk.  
Kebijakan Organisasi :
-          Pemanfaatan sumber daya eksternal untuk menekan biaya perusahaan
Program Kerja Organisasi (strategi tingkat unit bisnis) :
Dalam rangka menghadapi persaingan didalam pasar, perusahaan memiliki 3 komponen keunggukan kompetitif dalam menghadapi persaingan usaha, yakni


1.       Keunggulan biaya :
indikator  à   Biaya Variabel
                            Biaya Pemasaran
                            Biaya Operasional

2.       Keunggulan diferensiasi
Indikator à    Produk Diferensiasi
                            Kualitas Layanan
                            Brand Reputation
3.       Keunggulan pemasaran
4.       Indikator à    Distribusi
                            Usaha Penjualan
                            Brand Awarness


Program Kerja
Keunggulan Biaya
Keunggulan Diferensiasi
Keunggulan pemasaran
Menjalin kerjasama  dengan pihak ketiga
Biaya Variabel :
Proses produksi secara  keseluruhan dan tanggung jawab nya oleh pihak ketiga (meliputi bahan baku proses produksi  sampai  dengan finising)
Produk diferensiasi
mitra dengan dengan kualitas cetak yang presisi
Distribusi
Memanfaatkan relasi dalam bidang advertising

Pemanfaatan sosial media dengan mengisi testimoni

Biaya Pemasaran
Memanfaatkan diskon kuantiti yang disyaratkan oleh pihak ketiga
Kualitas layanan
Pelayanan ambil dan antar barang
Usaha penjualan
Penjualan end user dan bisnis user

Biaya Operasional

Memanfaatkan layanan pengambilan order dan pengiriman barang jadi dari pihak ketiga

Brand reputation
Mesin cetak oliver buatan jerman 4 warna sekali proses jalan

Mesin digital printing high resolution


Brand awarness
Kecepatan dan kualitas cetak yang baik menggunakan mesin cetak high speed dan high resolution


Evaluasi dan pengawasan Strategi
Strategi
Tujuan Strategis
Program kerja
Standar keberhasilan
Faktor Pendorong
Integrasi Horisontal
Perolehan laba bersih sebesar 5 Juta perbulan
Kerjasama dengan pihak ketiga untuk penyedian produksi
Jumlah Mitra yang digandeng
Konsistensi Mitra kerja dengan perusahaan  dalam menjalin hubungan jangka panjang
Kualitas Kerja dari Mitra

0 komentar:

Posting Komentar